Rabu, 20 Maret 2013

Sejarah Klub Chelsea FC

Chelsea FC adalah salah satu klub sepakbola terbaik yang dimiliki Inggris, musim lalu anak asuh Rafael Benitez ini mampu merebut Gelar sebagai Juara Liga Champions mengalahkan Barcelona di partai Final. Klub yang dijuluki 'The Blues' ini termasuk klub bertabur pemain-pemain bintang dari berbagai negara. Klub yang terkenal dengan kostum nya berwarna Biru ini lahir pada tanggal 10 Maret 1905, dan memiliki sejarah tersendiri. Nah, seperti apa sejarah Chelsea dan lika liku berdiri nya markas besar mereka Stamford Bridge ? Berikut lebih lengkap mengenai Sejarah Klub Chelsea FC

Sejarah berdirinya klub ini cukup panjang, setahun sebelum resmi didirikan tepatnya pada tahun 1904, H.A. Mears berniat untuk mengubah Stadion Stamford Bridge yang dulu nya adalah stadion atletik menjadi stadion sepak bola, namun keinginan nya itu ditolak oleh Fulham, lantas H.A. Mears mencoba untuk membangun sebuah klub sepak bola sendiri. Akhirnya ia memutuskan untuk memberi nama klub tersebut dengan nama kota kecil yang letaknya di dekat kota Fulham namanya adalah 'Chelsea' walaupun nama-nama lainnya seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC dan London FC sempat menjadi pertimbangan nya.

Akhirnya setahun kemudian tepatnya pada tanggal 10 Maret 1905, Klub sepak bola Chelsea FC resmi didirikan di sebuah Pub yang bernama The Rising Sun, dan partai perdana mereka lakoni di Kompetisi Football League. John Robertson kala itu merangkap sebagai pemain sekaligus Pelatih klub ini, ia merupakan seorang pemain berusia 28 tahun asal Scotlandia. Partai perdana Chelsea adalah melawan Stockport County dan harus kalah dengan skor 0-1. Sedangkan kemenangan pertama di kandang yang diraih The Blues adalah saat menjamu Liverpool dalam ajang persahabatan, kala itu Chelsea menang telak dengan skor 4-0.

Untuk mengembangkan karir mereka, Chelsea melakukan promosi ke Divisi I dan Divisi II liga Inggris, dan akhirnya mereka berhasil masuk ke Divisi I liga inggris di musim kedua mereka. Baiknya lagi, di awal-awal performa mereka, Chelsea sudah menunjukkan kuaitas Tim yang bagus, dengan melaju ke Babak Final Piala FA tahun 1915, sayangnya mereka kalah di Final melawan Sheffield United yang bertempat di Old Trafford. Semasa perang dunia I dan II Chelsea masih belum mencapai puncak kejayaan nya.

Akhirnya ketika dibawah kepemilikikan Roman Abrahamovic, Chelsea mulai berkembang menjadi klub raksasa eropa yang ditakuti klub klub eropa lainnya, segudang pemain hebat juga deretan pelatih pelatih handal sempat bergabung dengan The Blues, termasuk Jose Mourinho. (bandar Bola)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar